4 Cara Mendapatkan Hati Konsumen
Dalam berbisnis kita tentu menginginkan produk yang kita jual
dapat laku di pasaran. Salah satu yang membuat barang produksi kita laris
adalah banyaknya konsumen yang membeli produk. Untuk mendapatlkan minat lebih
dari konsumen memang tidaklah mudah. Dibutuhkan trik-trik khusus agar konsumen
yang kita dapatkan terus meningkat. Konsumen biasanya akan kembali kepada kita,
jika pelayanan yang kita berikan dianggap sangat memuaskan. Selain itu, produk
yang kita tawarkan juga sesuai denga keinginan atau minat yang dimiliki
konsumen tersebut.
Berikut ini kita bisa mengetahui
bagaimana kiat-kiat mendapatkan kepercayaan dari konsumen:
1. Komunikasi yang Baik
Proses komunikasi yang baik dengan
konsumen dapat berperan besar dalam proses kepercayaan terhadap bisnis kita.
Proses komunikasi merupakan modal awal yang harus kita miliki untuk membangun
kepercayaan konsumen. Rasa kepuasan terhadap pelayanan kita juga akan tercipta
dari komunikasi tersebut. Menggunakan kata-kata yang halus, lembut, sopan dan
tata krama yang baik akan menjadi nilai plus. Hal ini secara
tidak langsung akan muncul dalam ingatan konsumen. Konsumen tidak akan
ragu-ragu untuk membeli produk kita dengan terjalinnya hubungan baik antara
kita sebagai pemilik bisnis dan juga konsumen.
2. Mengetahui Produk dengan
Baik
Mempunyai bisnis tentunya harus
mengetahui secara baik produk yang kita hasilkan. Meskipun hanya sekadar
investor saja. Selain itu, kita juga harus mengetahui seluk beluk usaha yang
kita buat itu. Pengetahuan mengenai usaha juga tidak kalah penting. Konsumen
tidak akan serta merta percaya begitu saja jika pemiliknya tidak bisa
menjelaskan dengan baik dan benar produk apa yang ditawarkan dalam bisnisnya
itu. Pengetahuan secara menyeluruh ini akan mempermudah kita menjelaskan kepada
konsumen terhadap apa saja yang dibutuhkannya. Kita juga dapat memberi saran
kepada konsumen untuk meningkatkan kepercayaan produk yang kita buat itu.
3. Kualitas Produk yang Baik
Kualitas yang baik akan berbanding
lurus dengan sikap konsumen yang merasa puas terhadap produk kita. Kualitas
yang baik ini pula akan mendorong konsumen untuk tetap setia dengan produk yang
kita tawarkan. Bukan hanya itu saja, konsumen yang puas juga akan mengiklankan
kita secara tidak langsung ke masyarakat sekitarnya. Namun, kita jangan terlalu
cepat puas atas hal tersebut. Kita harus tetap terus meningkatkan kualitas agar
konsumen terus terjaga dan semakin membuat nama bisnis yang kita jalani ini
baik di mata konsumen.
4. Buatlah Testimoni
Testimoni adalah pengakuan atau
pendapat para konsumen terhadap produk kita. Jangan sungkan namun jangan
terlalu memaksa meminta testimoni terhadap konsumen kita. Testimoni ini bisa
menjadi salah satu faktor membangun kepercayaan konsumen. Semakin banyak kita
mendapat testimoni positif dari konsumen, maka semakin tertarik pula konsumen
baru dengan produk kita. Buatlah testimoni yang terlihat oleh konsumen baru
Anda. Biasanya testimoni ini diisi oleh orang-orang terkenal sehingga orang
lain sudah mengenalnya terlebih dahulu. Ini akan membangkitkan “gairah”
konsumen untuk mengetahui lebih lanjut bisnis kita atau produk yang kita
tawarkan.
No comments:
Post a Comment